Gresik Jasatama Minat IPO

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 03 Apr 2018 15:16 WIB
ipo
Gresik Jasatama Minat IPO
IHSG (ANT/M Agung Rajasa).

Jakarta: PT Gresik Jasatama berencana menjalankan IPO di pasar modal Indonesia. Lewat IPO, saham perusahaan akan diserap oleh PT Pelindo III (Persero). Dengan langkah ini, perusahaan akan menjadi bagian atau anak usaha dari Pelindo III.

Direktur Utama Gresik Jasatama Rudy Djaja Siaputra menyatakan Pelindo III menginginkan porsi saham hingga 51 persen. Namun demikian, Pelindo III hingga saat ini belum mau menjadi pembeli siaga atau ‎standby buyer.

"Mereka mau 51 persen, tapi sejauh ini mereka (Pelindo III) belum menjadi ‎standby buyer. Tapi, yang pasti dia harus masuk jadi pemegang saham," kata dia, saat ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa, 3 April 2018.

Mengenai rencana IPO, perusahaan akan menggunakan ‎laporan keuangan di akhir Desember 2017. Namun, dia belum bisa memastikan realisasi waktu perusahaan resmi untuk melakukan IPO di bursa.

Rudy juga belum bisa menjelaskanJumlah saham yang dilempar ke bursa. Sebab, perusahaan hingga saat ini masih menghitung dana segar yang diincar dari proses IPO. Paling tidak, dia mengaku, dana IPO sebagian besar untuk menutup utang perusahaan. "Sekitar 50 persen bayar utang, sisanya pengembangan dan modal kerja," tutur dia.

Pada kesempatan yang sama, ‎Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat‎ ‎menegaskan, memang Gresik Jasatama mempunyai bisnis yang sangat mirip dengan Pelindo III. Namun, kedua perusahaan dipastikan bisa bekerjasama dengan baik.

Dengan terlihatnya minat Gresik Jasatama dan perusahaan lain yang ingin IPO, Samsul menyimpulkan bahwa banyak perusahaan minat melempar saham ke pasar modal Indonesia di tahun ini. "Telah banyak yang sampaikan ke kami soal IPO. Untuk Gresik Jasatama memang sama, tapi mereka tidak ambil porsi usaha yang tidak diambil Pelindo," pungkas Samsul.



(SAW)