BEI: 24 Perusahaan Masuk dalam Daftar IPO

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 16 May 2017 14:18 WIB
ipo
BEI: 24 Perusahaan Masuk dalam Daftar IPO
lustrasi. ANTARA/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, sudah ada 24 perusahaan yang masuk dalam daftar perusahaan calon emiten dalam mekanisme Initial Public Offerings (IPO) sepanjang tahun ini. Angka itu sudah termasuk delapan perusahaan yang telah resmi menjadi emiten hingga saat ini.

Dari total 24 perusahaan, ‎Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengaku, ada satu perusahaan yang bergerak di bidang Properti, yaitu Ayana Land International‎ yang ingin melantai ditahun ini.

"Ada nambah satu perusahaan bidang properti mau IPO pakai buku Januari. Total 24, kalau dikurangi 8 berarti masih ada 16 perusahaan di pipeline," ungkap Samsul, ‎ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 16 Mei 2017.

‎Ayana Land, menurut Samsul, punya aset yang sangat besar. ‎Jadi, bisa diartikan bukan perusahaan yang menengah, bahkan kecil. 

"Land bank mereka banyak. Asetnya besar, kalau properti rata-rata asetnya besar," terang Samsul.

Land bank yang dimiliki, Samsul mengatakan, kebanyakan berada di luar Jakarta, lebih tepatnya di Solo. Ada juga beberapa kota lain yang ada di Indonesia.

‎Dengan ‎bertambahnya dari jumlah perusahaan yang telah berminat untuk IPO, Samsul optimis bursa bisa merangkul 35 emiten yang bisa IPO di tahun ini. Rasa keyakinan bursa, karena kondisi ekonomi yang baik dan didorong program pengampunan pajak (tax amnesty).

"Tahun ini dibanding 2016 dengan beberapa faktor dengan kondisi ekonomi baik. Inflasi cukup terkendali serta beberapa perusahaan ikut amnesty yang juga ikut IPO di 2017," tutup Samsul.



(SAW)