Semester I-2017, Indocement Serap Capex 50%

Eko Nordiansyah    •    Senin, 07 Aug 2017 15:38 WIB
indocement tunggal prakarsa
Semester I-2017, Indocement Serap Capex 50%
Gedung Indocement (FOTO: AFP).

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menyebutkan jika belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun 2017  sudah digunakan sebanyak 40 hingga 50 persen. Tahun ini perseroan mengalokasikan sebanyak Rp1,7 triliun untuk belanja modal.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya mengatakan, seluruh capex berasal dari kas internal perseroan. Perseroan tidak akan memiliki beban utang dari target belanja modal untuk tahun ini.

"Ini sudah diserap untuk membangun dua terminal baru di Sumatera," kata Christian di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, pembangunan terminal dan pengepakan semen baru di Sumatera dilandasi oleh pembangunan infrastruktur di lokasi tersebut. Salah satu lokasi yang sudah dipilih oleh Indocement adalah di wilayah Palembang.

"Kita sekarang menjalankan lini produksi yang efisien. Kita matikan pabrik yang tidak efisien. Saya berharap adanya penambahan volume di masa medatang sehingga kita bisa menjalankan lini bisnis yang lain," jelas dia.

Selain itu, perseroan juga mulai memasarkan produk baru yaitu Semen Rajawali yang bertipe Portland Pozzolan Cement (PPC). Dengan kualitas semen yang tidak jauh berbeda dengan produk Indocement lainnya, Semen Rajawali ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

"Perbedaan tipe supaya customer punya pilihan. Kalau yang Tiga Roda lebih mahal sekira 10 persen. Selain itu kita tawarkan program, kalau mereka beli itu bisa dapat pulsa, umroh, dan motor. Ini bisa membuat keinginan beli semen Tiga Roda tetap bertahan karena sekarang jual semen enggak hanya jual semen begitu saja," pungkasnya.


(SAW)