Gerak Indeks Coba Terobos Fase Konsolidasi

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 29 Nov 2016 09:27 WIB
ihsg
Gerak Indeks Coba Terobos Fase Konsolidasi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar modal Indonesia masih dalam fase konsolidasi. Tapi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diyakini akan bergerak mencoba menerobos tembok konsolidasi di sepanjang hari ini.

"Indeks pada hari ini masih akan bergerak mixed mencoba menguat dengan perkiraan support pada level 5.070 dan resistance 5.240," kata Analis ReLiance Securities Lanjar Nafi, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Sementara itu, Kepala Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya‎ menerangkan, gerak indeks di hari ini berpeluang melanjutkan koreksi wajar, setelah kemarin melemah 0,1 persen dari penutupan transaksi akhir pekan lalu.

"Se‎jauh ini proses konsolidasi minor tetap membayangi laju IHSG. Peluang koreksi wajar dapat dimanfaatkan sebagai momentum melakukan akumulasi pembelian," ungkap William.

Investor, lanjut William, disarankan untuk melakukan aksi beli saham-saham unggulan, mengingat dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam pola uptrend. "Pada ‎saat ini support teruji berada pada level 5.069 dengan target resistance di posisi 5.272. Hari ini IHSG berpotensi menguat," jelas William.

M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Sementara itu, perlu pula mencermati pergerakan saham seperti PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI).


(ABD)