Empat Aturan Baru Pasar Modal Siap Meluncur

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 06 Nov 2018 18:02 WIB
ojkpasar modal
Empat Aturan Baru Pasar Modal Siap Meluncur
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah bersiap mengeluarkan empat peraturan baru untuk industri pasar modal.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen menyebutkan empat peraturan tersebut adalah aturan mengenai equity crowdfunding, perantara pedagang efek, perusahaan pendanaan efek, dan perusahaan efek daerah.

"Lagi diproses ada tiga atau empat," kata Hoesen di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Ia menjelaskan saat ini aturan tersebut sudah masuk proses finalisasi adalah peraturan mengenai equity crowdfunding dan perantara perdagangan efek. Ia berharap empat aturan tersebut bisa terbit akhir tahun nanti.

"Tapi maunya targetnya akhir tahun ini keluar," ucap dia.

Meski tinggal dua bulan lagi sebelum berakhirnya 2018, Hoesen mengatakan sejauh ini tidak ada kendala mengenai perumusan aturan-aturan itu. Rencananya, dalam Rapat Dewan Komisioner (RDK) akan membahas aturan-aturan tersebut.

"Enggak ada (kendala). Peraturannya sedang kita selesaikan. Karena ada empat atau lima sampai akhir tahun akan kita keluarkan," tutup dia.

Melalui equity crowdfunding bisa dimanfaatkan untuk perusahaan-perusahaan baru yang membutuhkan permodalan tambahan, seperti startup. Lalu, melalui perusahaan efek daerah diharapkan bisa meningkatkan partisipasi investor ritel di daerah dan mencegah investasi bodong.

 


(AHL)