2019, Empat Anak Usaha BUMN Siap Lepas Saham

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Dec 2018 07:15 WIB
ihsgbeipasar modalipo
2019, Empat Anak Usaha BUMN Siap Lepas Saham
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Jakarta: Danareksa Sekuritas mencatat ada beberapa anak usaha perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan melakukan aksi korporasi berupa pelepasan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). Adapun rencana tersebut sejalan dengan situasi dan kondisi pasar modal termasuk perekonomian Tanah Air.

Presiden Direktur Danareksa Sekuritas Jenpino Ngabdi menegaskan setidaknya terdapat empat perusahaan yang akan melakukan aksi pencatatan saham di pasar modal di Indonesia. "Ada tiga atau empat anak BUMN," kata Jenpino, ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2018.

Jenpino menjelaskan sebagian besar dari anak usaha perusahaan BUMN itu sebelumnya sudah berniat untuk melantai di bursa pada tahun lalu. Namun mereka melakukan penundaan rencana IPO karena melihat kondisi pasar yang tidak memungkinkan.

Ia menyebutkan beberapa anak usaha BUMN yang akan melantai di bursa adalah PT Wika Realty, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), anak usaha PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), dan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II.

"Wika Realty dan ada anak perusahaan Pelindo II," sebut dia.

Sejauh ini, lanjut Jenpino, anak usaha BUMN tersebut sedang melakukan proses persiapan. Mereka tengah menunggu waktu yang tepat untuk melancarkan aksi korporasinya. "Jadi siap-siap melihat waktunya. Mungkin Desember mereka sudah siap dengan bukunya. Karena Desember mereka harus siap juga. Nah, kalau waktunya pas, ya semester pertama," jelas dia.

Lebih lanjut, ia menambahkan, para calon emiten itu tidak terpaku terhadap ajang politik yang akan berlangsung tahun depan. "Kita liat waktunya dan pasarnya seperti apa. Sebelum atau setelah Pilpres, waktu yang bagus kita masuk," pungkas dia.


(ABD)