Antisipasi Investor akan Tekan IHSG

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 29 Nov 2018 08:56 WIB
ihsg
Antisipasi Investor akan Tekan IHSG
Ilustrasi. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi cenderung melemah karena adanya faktor eksternal berupa aksi antisipasi dari investor.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan pergerakan IHSG hari ini akan dipengaruhi oleh antisipasi investor terhadap preliminary release GDP (Gross Domestic Product) Amerika Serikat.

"Hari ini IHSG diprediksi cenderung melemah," kata Dennies dalam riset hariannya, Kamis, 29 November 2018.

Ia memperkirakan pergerakan IHSG akan berada di rentang support 5.963-5.977 dan rentang resistance 6.017-6.043. Dennies merekomendasikan investor untuk mencermati saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Sementara itu, Fund Manager PT Valbury Sekuritas Indonesia Suryo Narpati memprediksi gerak IHSG hari ini akan menguat meskipun terdapat sentimen negatif dari eksternal.

Beberapa faktor eksternal tersebut adalah komentar Pemerintah Tiongkok yang mengatakan mengatakan pendekatan proteksionis dan unilateral dalam perdagangan hanya akan memperdalam ketidakpastian ekonomi.

Selain itu perkataan Trump yang menyatakan sangat tidak mungkin akan menerima permintaan untuk menunda kenaikan tarif yang akan mulai berlaku 1 Januari.

"Terlepas dari sentimen itu, kenaikan saham AS pada Rabu, bisa menjadi catatan positif buat pasar saham Asia dan hal ini terbuka peluang bagi IHSG untuk menguat pada perdagangan saham hari ini," jelas Suryo.

Suryo memprediksi gerak IHSG hari ini akan berada di rentang support 5.937-5.977 dan resistance 6.018-6.059.

Saham-saham yang direkomendasikan oleh Suryo hari ini adalah saham PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP).

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA