BEI Sebut Melemahnya IHSG hanya Siklus Biasa

   •    Kamis, 06 Sep 2018 19:38 WIB
ihsg
BEI Sebut Melemahnya IHSG hanya Siklus Biasa
BEI.MI/Adam Dwi.

Jakarta: Direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) melihat efek melemahnya IHSG yang sempat menyentuh level 5.600 dan naik kembali pada hari ini sebagai siklus belaka akibat dari melemahnya mata uang rupiah. Secara fundamental tak ada yang perlu dikhawatirkan dari pergerakan indeks. 

"Fenomena ini sentimen dari kebabalasan karena rupiah dan setelah rupiah menguat mereka balik lagi (ke saham)," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo kepada Medcom, Kamis, 6 September 2018. 

Dia menambahkan IHSG masih menarik dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Ini tak lepas dari fundamental ekonomi Indonesia yang masih baik dengan inflasi yang masih rendah dan kepercayaan dari lembaga rating internasional.  "PER kita 15x dan kalau dibandingkan dengan fundamental di Asia Tenggara, kita masih kompetitif," kata dia. 

BEI pun memastikan bahwa tugasnya hanya menjaga agar pasar berjalan dengan baik dan transparan, serta tak ada langkah khusus untuk menjaga IHSG.  "Ini merupakan siklus biasa, jadi ya menurut saya kita bisa beroperasi dengan tanpa masalah dan kita bukan dalam masalah krisis," jelas dia.

IHSG pada penutupan kemarin sempat berada di zona merah. IHSG berada pada titik 5.600 atau mendekati level yang terendah pada tahun ini. Namun IHSG mulai rebound dan kembali menembus level 5.700. 


(SAW)