Rupiah Tersungkur

   •    Selasa, 05 Jun 2018 16:38 WIB
kurs rupiah
Rupiah Tersungkur
Kurs rupiah ANT/Zabur.

Jakarta: Pada penutupan perdagangan hari ini mata uang rupiah melemah tipis. Mata uang rupiah melemah setelah adanya krisis politik di Italia yang mendorong penguatan euro dan obligasi AS.

Bloomberg, Selasa, 5 Juni 2017 mencatat mata uang rupiah melemah dua poin dengan berada pada Rp13.880 per USD. Kemudian Yahoo Finance melansir mata uang rupiah melemah sembilan poin dengan berada pada Rp13.874 per USD. Bank Indonesia (BI) merekam mata uang rupiah melemah 15 poin dengan berada pada Rp13.887 per USD.

Indeks dolar diperkirakan bergerak melemah di sekitar level 93,90-94,0 terhadap beberapa mata uang utama dunia terutama euro setelah krisis politik di Italia berangsur-angsur mereda. Hal tersebut mendorong penguatan euro dan meningkatkan yield US treasury sebesar 4 bps ke level 2,94 persen.

Analis Samuel Sekuritas pun memperkirakan mata uang rupiah akan kembali menguat hari ini seiring rendahnya data inflasi kemarin serta kembalinya asing ke pasar obligasi sebagai dampak positif dipertahankanya peringkat utang Indonesia oleh S&P.

Inflasi yang cukup rendah di Mei sebesar 3,23 persen (yoy) dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 3,41 persen (yoy) diperkirakan sedikit banyak membantu rupiah. Core inflation yang naik menjadi 2,75 persen (yoy) dari bulan sebelumnya sebesar 2,69 persen (yoy) kemungkinan belum akan terlalu banyak mengubah ekspektasi inflasi investor bahwa inflasi akan stabil di kisaran 3,5 persen. Rupiah kemungkinan menguat ke level Rp13.850 per USD hingga Rp13.865 per USD.


(SAW)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

10 hours Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA