IPO Wika Realty Tertunda hingga Awal 2018

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Aug 2017 16:59 WIB
wika realty
IPO Wika Realty Tertunda hingga Awal 2018
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI..

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mengakui rencana melantai (IPO) anak usaha perseroan, yakni PT Wijaya Karya Realty akan tertunda hingga awal 2018. Penundaan tersebut, karena adanya rencana Kementerian BUMN untuk membentuk sub-holding properti yang saat ini masih dalam tahap kajian.

"Kami memiliki dua anak usaha yang akan melaksanakan IPO. So far, schedule untuk pelaksanaan IPO itu bisa pada akhir tahun ini. Tetapi, untuk Wika Realty sepertinya akan IPO di awal 2018," tutur Direktur Keuangan Wijaya Karya, Steve Kosasih, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Manajemen WIKA, menurut Steve, masih menunggu rencana Kementerian BUMN membentuk skema sub-holding properti BUMN. Karena itu, pelaksanaan IPO tidak akan terjadi di tahun ini.

Sedangkan anak usaha WIKA lainnya, lanjut dia, seperti PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung) masih berjalan dan diprediksi akan terlaksana pada Desember tahun ini. ‎"Kami meyakini IPO Wika Gedung akan terealisasi pada akhir tahun ini. Karena, perseroan menggunakan laporan keuangan tahun buku Juni 2017," jelas Steve.

Rencana Wika Realty untuk IPO di pasar modal telah disebutkan sejak lama. Pasalnya, manajemen WIKA sebelumnya telah menyebutkan, bahwa IPO Wika Realty akan teralisasi di September 2016.

IPO yang diperkirakan terjadi di September 2016, ‎menurut Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo‎, karena kondisi pasar modal dan bisnis properti yang sedang membumi pada saat ini.

"Pasar modal bagusn bisnis properti bagus. Makanya WIKA Realty akan kita bawa IPO di September 2016," jelas Bintang.

‎Dana emisi yang diincar dari IPO, Bintang mengakui, perseroan mengincar Rp1 triliun. Dia mengharapkan dana tersebut bisa digapai dengan baik, agar bisa mendukung bisnis anak usahanya tersebut.

"Prosesnya memang mulai di akhir Juni, maka September akan direalisasikan IPO (Wika Realty)," tutup Bintang.‎


(SAW)