Bos Bursa Yakin Kapitalisasi Pasar Tembus Rp6.500 Triliun

Desi Angriani    •    Jumat, 16 Jun 2017 06:55 WIB
beipasar modal
Bos Bursa Yakin Kapitalisasi Pasar Tembus Rp6.500 Triliun
Direktur Utama BEI Tito Sulistio (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) memprediksi tingkat kapitalisasi pasar atau market cap bisa menembus angka Rp6.500 triliun dalam waktu dekat. Pasalnya, kapitalisasi pasar pada 16 Mei 2017 sudah mencapai Rp6.250,3 triliun dan kondisi itu yang menimbulkan keyakinan.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, kapitalisasi pasar semakin membaik didukung oleh perekonomian yang stabil. Tentu momentum semacam ini perlu terus dijaga mengingat industri pasar modal memiliki kontribusi yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Saya percaya target kapitalisasi pasar akan membaik. Teorinya bisa di atas Rp6.500 triliun. Kapitalisasi pasar sekarang kan Rp6.250 triliun," kata Tito, seusai buka puasa bersama, di auditorium BEI, Jakarta, Kamis malam 14 Juni 2017.

Tito mengklaim selama menjadi bos otoritas pasar modal, kapitalisasi pasar sudah mengalami peningkatan sebanyak 25 persen. Bahkan, dalam kurun waktu dua tahun, kapitalisasi pasar sudah mengalami kenaikan dari posisi Rp5.000,3 triliun menjadi Rp6.250,3 triliun.

"Coba lihat selama dua tahun saya di sini. Kapitalisasi pasar terus membesar dan ini akan membuat bobot investasi uang masuk naik," tuturnya.

Lebih lanjut, Tito melanjutkan, tidak hanya Initial Public Offering (IPO) dan relisting saja yang bisa mengerek kapitalisasi pasar di waktu mendatang. Kputusan Bank Indonesia (BI) dalam mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7 RR Rate) terhadap kenaikan the Fed juga turut memengaruhi kepercayaan pasar modal terhadap pemerintah.

"Dalam keadaan demikian BI berani tahan, itu berarti kepercayaan diri yang besar. Kita di pasar modal mendukung itu," pungkasnya.

 


(ABD)