Jaga Kondisi Keuangan, Hero Terpaksa Tutup Sejumlah Toko

Desi Angriani    •    Jumat, 15 Sep 2017 19:56 WIB
hero supermarket
Jaga Kondisi Keuangan, Hero Terpaksa Tutup Sejumlah Toko
Ilustrasi Gerai Hero. (FOTO: MI/Himanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Hero Supermarket Tbk (HERO) terpaksa menutup sejumlah toko demi bertahan dalam kondisi industri ritel yang belakangan terpuruk. Penjualan sektor ritel hingga Juli 2017 minus 0,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh 5,9 persen.

Presiden Direktur HERO Stephane Deutsch mengatakan, untuk menjaga kondisi keuangan, perseroan memutuskan melakukan efisiensi dengan menutup sejumlah toko.

"Pada 2015 memang kondisi lagi berat dan kami rasionalisasi toko dan ada beberapa toko yang ditutup," katanya dalam Paparan Publik Tahunan di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, 15 September 2017.

Kendati demikian, Stephane enggan merinci secara jelas jumlah, lokasi, dan brand Hero yang telah ditutup perseroan. Menurutnya keputusan menutup toko merupakan hal wajar dalam industri ritel yang masih lesu.

"Mohon maaf jumlah toko yang ditutup enggak bisa berikan detailnya. Sebagai usaha retail, wajar jika toko-toko mengalami penutupan misal masalah demografis. Tapi kita enggak ada rencana tutup toko besar-besaran tahun ini," lanjutnya.


Presiden Direktur HERO Stephane Deutsch. (FOTO: MTVN/Desi)

Meski melakukan penutupan beberapa tokonya, Stephane tidak membatasi ekspansi. Hingga kini pihaknya sudah membuka dua minimarket Giant Mart yang berlokasi di Jakarta Barat. Hero pun mengusung konsep minimarket yang berbeda dengan para pesaingnya.

"Kita sudah buka dua Giant Mart," imbuh dia.

Selain minimarket, Hero juga membuka hypermarket Giant Ekstra di Manado, Malang dan Bandung. Untuk Guardian, pihaknya membuka 14 toko baru termasuk di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar Bali.

Sementara IKEA saat ini sedang memperluas cakupan penjualan onlinenya dengan membuka IKEA Distribution Point di Bogor dan lKEA Online Point di Bintaro.

"Ekspansi toko dan inovasi bisnis terus berlanjut Hero Supermarket yang dilengkapi dengan pembukaan gerai Hero supermarket baru-baru ini di Bandung," tutup dia.

Adapun Hero memiliki total 447 toko di antaranya 56 Giant Ekstra, 109 Giant Express, 32 Hero Supermarket, 249 Guardian, dan satu IKEA.


(AHL)