Bunga Deposito BCA Naik 25 Bps

Desi Angriani    •    Senin, 27 Aug 2018 23:01 WIB
bca
Bunga Deposito BCA Naik 25 Bps
Direktur Keuangan BCA, Vera Eve Lim. Medcom/Desi.

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk merespons kebijakan bunga tinggi Bank Indonesia (BI) dengan menaikkan suku bunga kredit sebesar 25 basis poin sekitar 0,25-0,5 persen. Rencana tersebut telah didahului oleh kenaikan suku bunga deposito sebesar 100 basis poin.

Direktur Keuangan BCA, Vera Eve Lim mengatakan kenaikan bunga kredit terjadi untuk semua segmen termasuk perusahaan, UKM dan komersial. Berbeda dengan segmen KPR, BCA hanya melakukan penyesuaian secara bertahap dengan kenaikan tak lebih dari 60 basis poin.

"Kita rencananya bulan depan naikin 25 bps lagi," kata Vera dalam jumpa pers Investor Summit, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin, 27 Agustus 2018.

Dengan adanya peningkatan suku bunga kredit tersebut, lanjutnya diperkirakan pertumbuhan kredit di segmen KPR dan kendaraan bermotor akan melambat pada paruh kedua tahun ini. Sebab sektor konsumtif merupakan segmen yang paling sensitif terhadap kenaikan suku bunga.

"Karena penyesuaian pada pembiayaan konsumtif seperti KPR dan roda empat," imbuh dia.

Adapun BCA mencatatkan portofolio kredit sebesar Rp481 triliun hingga Juni 2018. Pertumbuhan tertinggi ditopang oleh kredit korporasi yang meningkat 19,1 persen secara yoy menjadi Rp191,4 triliun. Sementara kredit komersial dan UKM tercatat Rp174,8 triliun atau naik 15,1 persen yoy.

Selanjutnya, kredit konsumer tumbuh 6 persen yoy menjadi Rp128,2 triliun. Pertumbuhan ditopang oleh kredit pemilikan rumah (KPR) yang naik 4 persen menjadi Rp74,6 triliun dan kredit kendaraan bermotor meningkat 8,1 persen menjadi Rp41,3 triliun.



(SAW)


Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

18 hours Ago

Bangkutnya PT Sariwangi Agricultural Estates Agency (Sariwangi AEA) dan anak usahanya yaitu PT …

BERITA LAINNYA