Rupiah akan Bergerak di Kisaran Rp13.374/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 14 Jul 2017 10:10 WIB
kurs rupiah
Rupiah akan Bergerak di Kisaran Rp13.374/USD
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah cenderung berpeluang melanjutkan kenaikan terhadap dolar AS (USD) di akhir pekan ini. Walaupun penguatannya masih bersifat terbatas.

"Apalagi USD masih cenderung mengalami pelemahan terhadap sejumlah mata uang Asia. Sehingga diharapkan dapat memberikan sentimen positif tambahan bagi rupiah," ujar ‎Analis Senior PT Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, dalam riset hariannya, Jumat 14 Juli 2017.

Dengan adanya peluang kenaikan, Reza memproyeksikan mata uang Garuda akan bergerak di kisaran support Rp13.374 per USD, sedangkan level resisten berada di Rp13.318 per USD. "T‎etap cermati dan waspadai berbagai sentimen yang dapat membuka peluang pelemahan kembali dari rupiah,‎" jelas Reza.

Reza mengaku, dirinya sempat dikhawatirkan jika tidak adanya peluang bagi rupiah untuk berbalik arah terhadap mata uang negeri Paman Sam, seiring masih minimnya sentimen positif. Tapi, kembali menguatnya mata uang Asia memberikan kesempatan selanjutnya pada rupiah untuk dapat terapresiasi dari sebelumnya.

"Sejumlah mata uang Asia mendapatkan manfaat dari hasil testimoni Gubernur The Fed Janet Yellen di hadapan kongres yang mengatakan bank sentral kemungkinan akan mulai mengurangi portofolio sebesar USD4,5 triliun pada akhir tahun ini. Cara tersebut untuk merangsang ekonomi selama dan setelah krisis keuangan," jelas Reza.

Selain itu, kenaikan suku bunga The Fed pun diperkirakan tidak akan agresif. Dengan demikian, dia pun melihat rupiah akhirnya dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk dapat terangkat.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

3 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA