Akhir Pekan, Rupiah Perdagangan Pagi Melemah ke Rp13.300/USD

Angga Bratadharma    •    Jumat, 16 Jun 2017 09:20 WIB
kurs rupiah
Akhir Pekan, Rupiah Perdagangan Pagi Melemah ke Rp13.300/USD
Ilustrasi (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pagi di akhir pekan terpantau kembali ke level Rp13.300 per USD. Hal itu tentu sangat disayangkan mengingat nilai tukar rupiah pada perdagangan sore di hari sebelumnya berbaris di posisi Rp13.286 per USD.

Mengutip Bloomberg, Jumat 16 Juni 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.300 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.293 per USD hingga Rp13.305 per USD dengan year to date return di minus 1,39 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.073 per USD.

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, surplus dagang yang menipis cukup drastis juga tidak mendorong pelemahan rupiah yang berlebihan karena di sisi lain impor yang naik justru mengangkat optimisme terhadap perbaikan permintaan domestik.



"Imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) juga masih turun tak lama setelah Fed Fund Rate (FFR) target naik, pertanda aliran dana asing yang masih masuk ke pasar obligasi Indonesia," ungkap Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Adapun BI RR rate yang ditahan di 4,75 persen memberikan pertanda BI yang masih nyaman dengan situasi ekonomi saat ini walaupun tekanan inflasi mulai naik dan the Fed semakin mengetatkan kebijakan moneternya.

"Rupiah berpeluang bertahan di jalur penguatannya," tegas Rangga.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

6 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA