Aliran Dana Asing Dorong Penguatan Rupiah

Arif Wicaksono    •    Senin, 20 Mar 2017 16:39 WIB
kurs rupiah
Aliran Dana Asing Dorong Penguatan Rupiah
Illustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah menguat pada penutupan perdagangan hari ini. Penguatan mata uang rupiah seiring dengan masuknya dana asing ke aset berdenomnasi rupiah. 

Bloomberg, Senin 20 Maret 2017, mencatat mata uang rupiah menguat sebanyak 31 poin atau 0,23 persen dengan berada pada Rp13.314 per USD. 

Yahoo Finance melansir mata uang rupiah menguat sebanyak 28 poin atau 0,21 persen dengan berada pada Rp13.312 per USD. 

baca : Rupiah Berpeluang Menguat

Sementara Bank Indonesia (BI) juga menunjukan penguatan mata uang rupiah. Data BI menunjukkan mata uang rupiah mencapai Rp13.329 per USD atau menguat sebanyak 13 poin. 

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan, bahwa aliran dana asing ke aset berdenominasi rupiah terus meningkat. Hal ini terlihat dari penurunan yield Surat Utang Negara (SUN) serta kenaikan IHSG yang disertai dengan kenaikan proporsi kepemilikan asing pada beberapa minggu lalu. Hal ini membuat mata uang rupiah masih melanjutkan penguatannya. 

"Fokus perlahan beralih ke situasi pilkada Jakarta putaran II dengan sentimen positif dari harapan kenaikan peringkat S&P yang masih kuat. Rupiah diperkirakan masih stabil dengan tendensi penguatan," kata dia. 





(SAW)