Hingga Kuartal III, Manajemen Express Telah PHK 400 Karyawan

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 06 Oct 2017 14:49 WIB
express grouptaksi express
Hingga Kuartal III, Manajemen Express Telah PHK 400 Karyawan
Ilustrasi taksi Express. (FOTO: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) telah melakukan pemutusan hubungan keja (PHK) sebanyak 400 karyawan hingga kuartal III-2017. Langkah pemutusan kerja untuk menjalankan efisiensi dan penyesuaian jumlah karyawan.

"Total pengangguran sampai kuartal III tahun ini sebanyak 400 orang. Tapi sudah stop, kita sudah dapat zona ideal," ungkao CEO Express Transindo Utama Benny Setiawan‎ di Kantor Pusat Express Group, Jakarta, Jumat 6 Oktober 2017.

Pengurangan karyawan ini, menurut dia, sejalan dengan rencana perampingan ‎sumber daya manusia (SDM) di 29 pool milik perusahaan. Sebelumnya, kata dia, setiap satu pool ada 55 karyawan yang terpangkas, namun sekarang menjadi 25-30 orang.

"Ini kan sekarang teknologi sudah maju, efisiensi menjadi keharusan. Misalnya dulu call center ada ratusan tapi sekarang order enggak pakai telepon, sudah pakai aplikasi. Jadi buat apa banyak orang di call center. Itu contoh kecil," jelas dia.

Bukan hanya mengurangi jumlah pegawai di call center, lanjutnya, perseroan juga mengurangi jumlah karyawan yang ada di bengkel. Hal itu juga sejalan dengan pengurangan jumlah bengkel, dari posisi 27 bengkel menjadi lima bengkel saja.

"Dulu hampir setiap pool ada bengkel. Sekarang konsolidasi jadi buat bengkel yang besar agar bisa melayani pool di area terdekat. Kita buat besar profesional dan perbaikan unit dari pada punya 27 sekarang kita tentukan jadi lima saja," papar dia.

 


(AHL)