Rupiah Pagi di Awal Pekan Menguat ke Rp13.406/USD

Angga Bratadharma    •    Senin, 08 Jan 2018 08:45 WIB
kurs rupiah
Rupiah Pagi di Awal Pekan Menguat ke Rp13.406/USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Senin pagi terihat menguat tipis dibandingkan dengan penutupan sore di akhir pekan lalu di Rp13.416 per USD. Sejauh ini, sentimen positif masih terus berdatangan dan membuat gerak nilai tukar rupiah bertahan di zona hijau.

Mengutip Bloomberg, Senin, 8 Januari 2018, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka menguat ke Rp13.406 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisarsan Rp13.381 hingga Rp13.416 per USD dengan year to date return di minus 1,03 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.217 per USD.

Di sisi lain, Kepala Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Suryawijaya‎ mengatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini diperkirakan kembali dibayangi fluktuasi harga komoditas, tapi secara umum pergerakannya tetap berpotensi melanjutkan tren penguatan jangka menengah dan panjang.

"IHSG masih cenderung memiliki pola pergerakan yang berada dalam rentang wajar. Pengaruh dari fluktuasi harga komoditas masih akan terasa pada pergerakan IHSG," tutur William.

Potensi penguatan indeks, lanjut William, ‎masih cukup besar mengingat sisi fundamental perekonomian domestik yang cukup kuat dan stabil. Jika ada koreksi wajar, bisa dimanfaatkan untuk mengakumulasi pembelian di tengah kondisi awal tahun.

"Saat ini, indeks memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 6.189, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada di posisi 6.446," tuturnya.

 


(ABD)