Resmi Listing

Pelita Samudera Shipping Lempar 1,006 Miliar Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 05 Dec 2017 08:31 WIB
emitenbeipasar modalipo
Pelita Samudera Shipping Lempar 1,006 Miliar Saham
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta: PT Pelita Samudera Shipping akan merealisasikan pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini. Dengan begitu perseroan resmi menjadi emiten ke-31 di 2017, atau ke-564 yang sudah mencatatkan saham di bursa.

Langkah IPO perseroan di pasar modal dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 1,006 miliar saham.‎ N‎ilai nominal saham yang dipatok dengan harga Rp100 per saham, sedangkan harga ‎penawaran resmi IPO yang dilepas ke publik sebesar Rp135 per saham.

Proses IPO perseroan direalisasikan di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017, bertepatan dengan pembukaan perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Dengan begitu perusahaan akan mendapatkan kode ticker saham PSSI.

Perusahaan akan meraup dana segar lebih dari Rp150,9 miliar dari proses hajatan IPO tersebut. Perusahaan sudah menunjuk PT BCA Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).

Catatan Metrotvnews.com, dana segar dari hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi, sebesar 60 persen akan digunakan untuk belanja modal perusahaan, sebesar 20 persen untuk membayar utang kepada Bank UOB Singapura, dan sisanya 20 persen akan digunakan untuk membiayai modal kerja, seperti pembelian bahan bakar, suku cadang, dan pemeliharaan.

Pelita Samudera Shipping didirikan pada 10 Januari 2007. Ruang lingkup kegiatan usaha perusahaan adalah bergerak dalam bidang usaha jasa angkutan laut. Sebelum IPO, saham perusahaan dimiliki ‎PT Indoprima Marine sebesar 59 persen, sebesar 36,53 persen dimiliki Kendilo Pte. Ltd, dan 4,47 persen dimiliki Berty Ekel.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA