IHSG Perdagangan Pagi Dibuka di Jalur Pelemahan

Angga Bratadharma    •    Rabu, 21 Sep 2016 09:54 WIB
ihsg
IHSG Perdagangan Pagi Dibuka di Jalur Pelemahan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Reli Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ketiga di pekan ini dibuka melemah. Otot-otot IHSG belum terlalu kuat untuk bergerak maju di barisan hijau seiring dengan investor masih menunggu keputusan rapat pertemuan the Fed dan Bank of Japan (BoJ).

IHSG Rabu, 21 September, perdagangan pagi dibuka melemah sebanyak 9,90 poin atau setara 0,2 persen ke posisi 5.292. Sedangkan saham unggulan LQ45 melemah sebanyak 3,30 poin atau setara 0,4 persen ke posisi 912 dan JII juga terpantau melemah sebanyak 2,11 poin atau setara 0,3 persen ke posisi 732.

Pagi ini, seluruh sektor bergerak bervariasi. Artinya, ada yang mengalami pelemahan dan ada yang mengalami penguatan. Sektor properti menguat sebanyak 2,15 poin dan sektor perkebunan menguat sebanyak 0,39 poin. Sedangkan sektor konsumer melemah sebanyak 4,95 poin dan sektor manufaktur melemah sebanyak 2,89 poin.


Sumber: IMQ21

Volume perdagangan pada pagi ini tercatat sebanyak 525 juta lembar saham senilai Rp228 miliar. Sebanyak 102 saham mengalami penguatan, sebanyak 55 saham mengalami pelemahan, sebanyak 80 saham tidak mengalami perubahan atau stagnan, dan sebanyak 336 saham tidak mengalami perdagangan.

Sementara itu, Kepala Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya‎ mengungkapkan, penurunan indeks masih dalam kategori wajar seharusnya bisa dimanfaatkan pelaku pasar sebagai momentum untuk melakukan akumulasi beli terhadap saham-saham pilihan.

Sejauh ini, diakui William, bursa saham dalam negeri menantikan sentimen positif dari pengumuman data-data ekonomi domestik maupun global, lantaran IHSG masih berada di jalur uptrend jangka panjang.  "‎Sehingga, sudah sewajarnya koreksi wajar bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk melakukan akumulasi pembelian bagi investor. Hari ini IHSG berpotensi menguat‎," jelas William.

Belakangan ini, indeks sedang berada dalam rentang konsolidasi sehat dan tekanan yang terjadi masih pada taraf wajar. Level support 5.245 terlihat cukup kuat bertahan, dengan target resisten terdekat berada pada level 5.358.

 


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA