Anak Usaha Jasa Marga Resmi Catatkan Obligasi Rp1,5 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 09 Nov 2017 10:54 WIB
jasa marga
Anak Usaha Jasa Marga Resmi Catatkan Obligasi Rp1,5 Triliun
Anak usaha Jasa Marga catatkan obligasi Rp1,5 triliun. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), yakni PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) resmi mencatatkan surat utang obligasi sebesar Rp1,5 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Obligasi yang dicatatkan merupakan project bonds untuk ruas tol JORR W2 Utara atau ruas Kebon Jeruk-Ulujami yang telah beroperasi penuh sejak 2014.

"Obligasi I ini bernilai sampai Rp1,5 triliun," kata Edwin, di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Obligasi yang diterbitkan ini, tutur dia, terbagi dalam lima seri, dengan kupon bunga dari 7-9 persen. Untuk seri A memiliki tenor tiga tahun dengan kupon 7,00-7,75 persen, seri B memiliki tenor lima tahun dengan kupon 7,25-8,00 persen.

Adapun seri C memiliki tenor tujuh tahun dengan kupon 7,50-8,35 persen, seri D memiliki tenor 10 tahun dengan tingkat kupon 7,75-8,75 persen dan seri E memiliki tenor 12 persen dengan kupon 8,00-9,00 persen.

Penerbitan obligasi yang mendapat rating IdAAAsF atau triple A structured finance dari PT Pemeringkat Efek Indonesia. Hasil penerbitan obligasi 90 persen untuk membayar utang dari sindikasi Bank Mandiri dan Bank DKI yang nilainya Rp1,35 triliun, sedangkan sisanya 10 persen dari hasil penerbitan obligasi akan dipakai modal kerja.

Perusahaan sudah menunjuk PT Trimegah Sekuritas Tbk, PT Mandiri Sekuritas, dan PT CIMB Securities sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter). Ruas JORR W2 Utara memiliki konektivitas strategis dengan jalan tol dalam kota dan jalan tol penghubung Jabodetabek, seperti Jakarta-Tangerang, Sedyatmo, Jagorawi, serta Jakarta-Cikampek.


(AHL)