Rupiah Diprediksi Lanjutkan Tren Koreksi Minor

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 08 Dec 2017 09:37 WIB
kurs rupiah
Rupiah Diprediksi Lanjutkan Tren Koreksi Minor
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini diperkirakan akan melanjutkan tren depresiasi minor, setelah kemarin kembali mengalami pelemahan ke level Rp13.552. Diharapkan sejumlah sentimen positif bisa terus berdatangan guna memperkuat gerak nilai tukar rupiah.

"Pergerakan rupiah masih berpeluang kembali melanjutkan pelemahan, seiring minimnya sentimen yang dapat menahan penguatan USD," ungkap Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada,‎ seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 8 Desember 2017.

Selain itu, lanjut Reza, potensi terjadinya penuruan rupiah juga dipengaruhi oleh peningkatan permintaan atas mata uang USD. Untuk itu, perlu mewaspadai sentimen yang bisa menahan rupiah untuk bergerak positif.

"Rupiah diperkirakan akan bergerak di kisaran support Rp13.555 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.540 per USD," kata Reza.

Sebelumnya, Reza menyampaikan, meski rupiah diharapkan bisa bertahan, namun peningkatan permintaan pada USD membuat gerak mata uang negeri Paman Sam mampu melanjutkan tren apresiasi.  "Akibatnya hal itu menjadi penghalang bagi rupiah untuk bergerak dalam tren positif," tutur dia.

Reza mengatakan, ‎gerak rupiah pada perdagangan Kamis, 7 Desember 2017, cenderung melemah minor, karena minim sentimen positif dari dalam negeri, sehingga pelaku pasar beralih ke USD. ‎Penguatan USD tersebut akibat optimisme pasar terhadap pengesahan program reformasi pajak AS.

Memang, lanjut dia, ‎gerak USD memang sempat melemah setelah merespons pidato Presiden AS Donald Trump terkait dukungan terhadap penetapan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Tidak lama kemudian, pergerakan USD kembali menguat dengan dukungan sentimen reformasi pajak dan adanya harapan akan membaiknya US non-farm payrolls yang akan dirilis di akhir pekan ini," pungkas Reza.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA