Masih Ada Peluang Rupiah Melemah Terbatas

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 13 Feb 2018 09:44 WIB
kurs rupiah
Masih Ada Peluang Rupiah Melemah Terbatas
Ilustrasi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho).

Jakarta: Mata uang rupiah diprediksi masih akan melemah terhadap dolar AS (USD) sepanjang hari ini. Pelemahan itu diharapkan bersifat terbatas, agar rupiah mampu melaju kencang kembali ke zona hijau.

"Memang ada kenaikan permintaan yen Jepang dan kesepakatan kongres AS tidak berimbas positif bagi rupiah di sepanjang perdagangan kemarin. Hal itu juga berdampak ke perdagangan hari ini," kata Analis Senior PT Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada‎, dalam riset hariannya, Selasa, 13 Februari 2018.

Meski demikian, Reza mengimbau investor tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat memicu rupiah mengalami pelemahan kembali. Rupiah diperkirakan akan bergerak di kisaran support Rp13.668 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.642 per USD.

Sepanjang perdagangan Senin, 12 Februari 2018, rupiah tercatat turun 15 poin ke posisi Rp13.643 per USD. Penurunan rupiah tidak sejalan dengan USD yang berbalik turun.

Mata uang negeri Paman Sam yang turun, tutur Reza, seiring mulai adanya aksi jual dengan memanfaatkan kenaikan sebelumnya, tapi tidak membuat rupiah berbalik naik.

Di sisi lain, kata Reza, pergerakan yen Jepang yang berbalik naik, seiring imbas meredanya tekanan jual pada pasar saham setelah adanya kesepakatan anggaran antara Kongres AS dan pemerintah AS membuat permintaan yen meningkat.

"Akibatnya rupiah pun masih melemah dengan adanya peningkatan permintaan akan yen tersebut," jelas dia.

‎Sementara itu, lanjut Reza, dari dalam negeri belum ada sentimen positif terbarukan.‎ "Dengan begitu, rupiah masih tetap di zona merah," pungkas dia.


(AHL)


Analis: Krisis Turki Bisa Tekan Rupiah ke Level Rp14.700/USD

Analis: Krisis Turki Bisa Tekan Rupiah ke Level Rp14.700/USD

1 hour Ago

Nilai tukar rupiah menghadapi tekanan jual yang tinggi karena krisis ekonomi di Turki menggangg…

BERITA LAINNYA