Sentimen Positif Signifikan

Analis Perkirakan Rupiah Terdorong Kencang ke Zona Hijau

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 11 Sep 2017 10:15 WIB
kurs rupiah
Analis Perkirakan Rupiah Terdorong Kencang ke Zona Hijau
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sentimen positif yang signifikan mampu membuat gerak nilai rupiah terus bergerak di zona hijau. Ketika tidak ada maka geraknya akan berada di zona merah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Tentu diharapkan sejumlah sentimen positif bisa terus berdatangan dan memperkuat pondasi rupiah agar tidak terhempas ke jalur pelemahan.

"Jika ‎nantinya tidak dibarengi dengan sentimen positif yang signifikan maka tidak menjaga kenaikan dan rupiah dapat rentan mengalami aksi jual," kata A‎nalis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin 11 September 2017.

Selain itu, lanjut Reza, masih rendahnya USD seiring terapresiasinya euro cukup membantu mata uang Garuda tetap berada dalam tren kenaikannya. Rupiah diprediksi bergerak di kisaran support Rp13.310 per USD, sedangkan resisten akan berada di Rp13.195 per USD.

"Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat pergerakan rupiah kembali variatif maupun berbalik arah melemah," terang Reza.

‎Pergerakan rupiah, masih kata Reza, mampu mengalami kenaikan signifikan di luar perkiraan hingga penutupan perdagangan Jumat 8 September 2017. Masih adanya imbas pernyataan Menkeu yang mengatakan defisit anggaran hingga Agustus 2017 mencapai 1,65 persen atau senilai Rp224,3 triliun, turut membantu bertahannya rupiah di zona hijau.

Dari sisi lain, tambah Reza, penerimaan pajak hingga akhir Agustus 2017 tercatat Rp780,037 triliun atau setara 53 persen dari total target penerimaan dalam APBN-P 2017 juga memberikan dampak yang baik bagi rupiah.

"Jika dibandingkan dengan periode sama pada tahun lalu mencatatkan pertumbuhan sebesar Rp711,447 triliun atau 46 persen dari total APBN Perubahan 2016. Pada akhirnya mampu mengalami kenaikan lanjutan secara signifikan di akhir penutupan perdagangan pekan kemarin," pungkas Reza.


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA