Indeks Berpotensi Kembali ke Atas Level 5.800

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 14 Aug 2017 08:46 WIB
ihsg
Indeks Berpotensi Kembali ke Atas Level 5.800
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di sepanjang hari ini diperkirakan mengalami pembalikan arah untuk menguat. Kondisi itu dinilai bisa terjadi setelah akhir pekan kemarin kembali berada di zona merah ke level 5.766.

Koreksi yang terjadi di akhir pekan kemarin, ‎menurut Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, terjadi karena efek negatif koreksi bursa regional. Akhirnya, indeks tertahan untuk naik ke atas level 5.800.

"Indeks, kini berpotensi mengalami rebound untuk melanjutkan kenaikan yang selama ini tertunda cukup lama," ujar Yuganur, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin 14 Agustus ‎2017.

Sementara itu, Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya m‎engatakan, indeks terlihat akan berada dalam rentang konsolidasi wajar. Sebab, pada minggu ini pendek, sehingga pergerakan tidak akan bergerak signifikan.

Indeks, lanjut William, ‎terlihat akan menguji support level 5.753 yang diprediksi masih akan kuat bertahan, dengan target resisten 5.845 yang masih akan mampu ditembus dalam beberapa hari mendatang.

"Indeks meski akan terjadi konsolidasi wajar, tapi tetap berpotensi melenggang di zona hijau," terang William.

M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

Selain itu, perlu pula mencermati pergerakan saham seperti PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT HM Samportna Tbk (HMSP), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM).


(ABD)