BTN Utamakan Nasabah Existing untuk Dapat Kredit Pendidikan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 10 Apr 2018 23:31 WIB
btn
BTN Utamakan Nasabah <i>Existing</i> untuk Dapat Kredit Pendidikan
BTN. ANT/Yudhi Mahatma.

Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengutamakan masyarakat yang telah menjadi nasabah (exsisting) untuk dapat mengakses kredit pendidikan. Saat ini BTN menyediakan kredit pendidikan dengan plafon hingga Rp200 juta dan bunga hanya sebesar 6,5 persen flat selama lima tahun.

"Debitur existing dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap dapat mengakses pinjaman tersebut," kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono  ditemui usai Peluncuran Kredit Pendidikan di Gedung Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 10 April 2018.

Dirinya menjelaskan, debitur existing yang dimaksud yakni nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR)/Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) baik subsidi maupun nonsubsidi minimal satu tahun, atau nasabah Kredit Agunan Rumah (KAR) minimal selama dua tahun.

Untuk nilai maksimal plafonnya, pemohon akan mendapatkan penghitungan maksimal kredit sebelumnya dikurangi sisa outstanding-nya. Artinya jika nasabah sudah mengajukan KPR Rp100 juta, maka kredit pendidikan yang didapat adalah maksimal plafon Rp200 juta dikurangi selisih dari plafon kredit awal.

"Jika sudah lunas dan mau mengambil kredit lagi, maka pemohon bisa mendapatkan plafon maksimal sebesar Rp 200 juta. Jadi segitu maksimal kredit yang didapat pemohon," lanjut dia.

Sementara itu, kredit pendidikan yang diberikan adalah untuk jenjang pendidikan Strata 1 (S-1), S-2 dan S-3. Adapaun pencairan kredit yang disetujui akan dikirim ke rekening atas nama debitur atau ke rekening atas nama Universitas dengan nama dari debitur.

Saat ini BTN bekerja sama dengan 23 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Nantinya perseroan akan menggandeng 101 universitas untuk mempermudah masyarakat mengakses kredit pendidikan BTN sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Selain meluncurkan program ini, BTN juga melakukan penandatangan akad kredit kepada mahasiswa/ mahasisiwi yang menerima fasilitas Kredit Pendidikan BTN sebagai komitmen dalam menyukseskan penyaluran Kredit Pendidikan BTN.



(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA