IHSG Pagi Dibuka Menguat ke 6.020

Angga Bratadharma    •    Selasa, 05 Dec 2017 09:11 WIB
ihsg
IHSG Pagi Dibuka Menguat ke 6.020
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa pagi terlihat melakukan reli dan berhasil berbaris di zona hijau. Ketidakpastian reformasi pajak di Amerika Serikat (AS) yang mereda memberikan efek positif terhadap pergerakan IHSG dan diharapkan bisa terus menguat di sepanjang hari.

IHSG Selasa, 5 Desember 2017, perdagangan pagi dibuka menguat sebanyak 22,31 poin atau setara 0,372 persen ke posisi 6.020. Level tertinggi IHSG tercatat berada di posisi 6.026 dan level terendah IHSG tercatat berada di level 6.019.

Volume perdagangan pagi tercatat sebanyak 194 juta lembar saham senilai Rp124 miliar dengan jumlah frekuensi 8.159. Sedangkan sebanyak 87 saham menguat, sebanyak 50 saham melemah, dan sebanyak 105  saham tidak mengalami perubahan.

Sementara itu, bursa Wall Street ditutup bervariatif pada perdagangan semalam, mencerna berbagai hal yang ada. Saham–saham berbasis teknologi dan ritel memimpin penguatan, seiring lebih jelasnya arah reformasi pajak Amerika Serikat (AS) di mana Senat meloloskan rencana pemangkasan pajak pada Sabtu pagi.

Samuel Research Team mengungkapkan pemangkasan pajak tersebut menguntungkan berbagai korporasi di AS, sehingga juga membawa dampak positif bagi para investor di sana. Selain itu, rencana akuisisi Disney atas aset 21st Century Fox pun mulai kembali mencuat sehingga berhasil mendongkrak harga saham keduanya.

"Di mana saham Disney melonjak 4,7 persen. Sementara saham Fox naik 2,8 persen," sebut Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sedangkan bursa Eropa ditutup menguat meskipun Inggris dan Uni Eropa gagal untuk mencapai negosiasi mengenai Brexit, dengan perbatasan Irlandia menjadi concern utama. Adapun bursa Asia pada hari ini dibuka cenderung melemah, seiring dengan rilis data-data dari Tiongkok yang kurang memuaskan.

 


(ABD)