BEI Incar Emiten Cross Border Offering dengan Bursa Malaysia

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 21 Sep 2016 20:03 WIB
emiten
BEI Incar Emiten <i>Cross Border Offering</i> dengan Bursa Malaysia
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang menjajaki kerja sama dengan PT Bursa Efek Malaysia dalam membentuk ‎mekanisme cross border offering‎. Setidaknya, manajemen bursa mengincar 10 emiten untuk melakukan pertukaran ini agar saham emiten lokal bisa dibeli investor dari masing-masing negara.

Cross border offering merupakan penawaran umum yang dilakukan satu emiten secara bersamaan di dua negara atau lebih. ‎Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengaku, mekanisme ini memungkinkan untuk diimplementasikan, terutama untuk emiten-emiten berkategori syariah.

"Kita akan mencari 10 saham di sini (Indonesia), 10 saham di sana (Malaysia). Mari kita berbicara kemungkinan diperdagangkan di negara masing-masing, melebarkan distribusi," ungkap Tito, saat ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (21/9/2016).

Untuk detail pelaksanaannya, sebut Tito, masing-masing pihak dari bursa Indonesia dan Malaysia sedang membuat mekanisme dan prinsip-prinsipnya. Agar perjalanan cross border offering antar kedua negara bisa berjalan baik, khususnya dalam saham syariah.

‎Salah satu alasan bursa ingin menjalankan kerja sama dengan Malaysia, sambung Tito, karena Malaysia memiliki produk sukuk terbesar. Hal itu sangat menarik bagi Indonesia, karena negeri ini memiliki masyarakat yang mayoritas agamanya memeluk agama Islam.

"Prinsipnya adalah crossing itu dimungkinkan. Kita lagi bicara detailnya, mekanismenya. Prinsipnya begini, Malaysia sukuknya terbesar ya, 49 persen. Tapi penduduk Islam terbesar di dunia itu Indonesia. Kalau kita kerja sama kan akan bagus," papar Tito.

‎Terkait UU pasar modal, ujar Tito, ini memungkinkan untuk penerapan cross border offering. Pada saat ini banyak saham kategori syariah di Indonesia yang berkarakter unik, seperti consumer goods dan komoditas.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA