Gerak IHSG di Akhir Agustus Diprediksi Perkasa

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 31 Aug 2018 08:33 WIB
ihsg
Gerak IHSG di Akhir Agustus Diprediksi Perkasa
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari terakhir perdagangan di Agustus 2018 diprediksi berada di zona hijau sejalan dengan hadirnya katalis positif dari dalam negeri. Meski demikian, tetap perlu diwaspadai datangnya sentimen negatif dari dalam negeri sejalan membaiknya perekonomian Amerika Serikat (AS).

Vice President Research Department Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, menjelang pergantian bulan pada pekan terakhir di Agustus 2018, IHSG masih menunjukkan potensi kenaikan yang cukup besar meski pada Agustus terdapat tekanan besar di setiap tahun berjalan.

"Sudah mampu dilalui dengan cukup sukses oleh IHSG. Hari ini diprediksi pada rentang 5.872 sampai 6.226," kata William, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 31 Agustus 2018.

Menurutnya peluang kenaikan dengan dukungan data perekonomian yang bakal dirilis sepanjang bulan depan disertai harapan kembalinya arus modal masuk akan dapat terlihat pada pengguatan gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Adapun beberapa saham yang perlu diperhatikan yakni PT Kimia Farma Tbk (KAEF), PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average menurun 137,65 poin atau 0,53 persen menjadi 25.986,92. Sedangkan S&P 500 jatuh sebanyak 12,91 poin atau 0,44 persen menjadi 2.901,13. Indeks Nasdaq Composite turun 21,32 poin atau 0,26 persen menjadi 8.088,36.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Amerika Serikat dan Meksiko telah mencapai pakta perdagangan bilateral awal yang akan menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dan bahwa Kanada harus bergabung dengan kesepakatan atau menghadapi tarif terhadap industri manufaktur mobil Kanada.

 


(ABD)


Kemenkeu Masih Tunggu Proposal Baru Investor Merpati

Kemenkeu Masih Tunggu Proposal Baru Investor Merpati

43 minutes Ago

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menunggu proposal baru dari calon investor yang akan meny…

BERITA LAINNYA