Analis Prediksi Rupiah Terus Unjuk Gigi

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 13 Sep 2018 08:29 WIB
kurs rupiah
Analis Prediksi Rupiah Terus Unjuk Gigi
Ilustrasi (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Jakarta: Mata uang rupiah diprediksi terus unjuk gigi terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Nilai tukar rupiah berpeluang menguat lantaran sejumlah sentimen positif berdatangan dari dalam negeri, yang salah satunya adalah masuknya arus modal ke Tanah Air dan stabilnya tingkat inflasi.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada memperkirakan nilai tukar rupiah berada di level Rp14.840 sampai Rp14.827 per USD. Sejumlah berita dan penilaian positif terhadap ekonomi Indonesia melalui beberapa upaya yang dilakukan pemerintah memunculkan harapan mata uang Garuda bisa melanjutkan penguatan hari ini.

"Adanya penilaian upaya pemerintah untuk kembali menarik aliran modal asing di tengah volatilitas yang terjadi pada sejumlah negara emerging market memberikan dorongan pada rupiah," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 13 September 2018.

Adapun beberapa sejumlah sentimen positif yang dimaksudkan yakni lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sejumlah negara yang bisa menarik investasi ke dalam negeri dan kehadiran Indonesia di World Economic Forum (WEF) yang juga memberikan penilaian bahwa akan ada investasi yang masuk ke Tanah Air.

Kemudian, lanjut Reza, pemerintah telah mulai mengurangi defisit transaksi berjalan dengan memprioritaskan proyek-proyek infrastruktur serta berupaya menarik lebih banyak penghasilan ekspor. Selain itu, Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) telah menaikkan tingkat suku bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas).

Reza menilai langkah LPS dilakukan untuk mengakomodasi pengetatan moneter dan kecenderungan risiko likuiditas yang lebih tinggi akibat meningkatnya penyaluran kredit.  "Tingkat bunga penjaminan dalam rupiah dan valas di bank umum masing-masing naik 25 bps menjadi 6,5 persen dan 50 bps menjadi sebesar dua persen," sebut dia.

Lebih lanjut, masih kata Reza, semua sentimen positif ini diharapkan terus berlanjut sehingga membuat pelemahan rupiah berkurang dan nantinya bisa berbalik arah di zona hijau. "Diharapkan ini membuat laju rupiah tetap pada kenaikannya," pungkas dia.`


(ABD)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA