PP Properti Bakal Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 17 Apr 2018 15:35 WIB
pp properti
PP Properti Bakal Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: MI/Irfan)

Jakarta: PT PP Properti Tbk (PPRO) berencana menjalankan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) dengan cara menerbitkan obligasi‎ sebesar Rp1 triliun di sepanjang tahun ini, dari target emisi hingga Rp2 triliun.

"Pada PUB Tahap I senilai Rp1 triliun akan dilakukan tahun ini, dari total target Rp2 triliun," ucap Direktur Keuangan PP Properti Indaryanto‎, ditemui di Kantor Pusat PTPP, Jakarta, Selasa, 17 April 2018.

Dia mengatakan penerbitan obligasi ini untuk mengurangi pinjaman perbankan atas pembelian lahan di 2017 dan pembangunan hospitality, seiring beroperasinya Hotel Kaza di Surabaya serta proses konstruksi Prime Park Hotel and Convention di Lombok.

"Dana penerbitan obligasi itu untuk menopang pembelian lahan yang kami beli pada tahun lalu," ucap dia.

Sepanjang 2018, tambah dia, perusahaan belum berencana menambah lahan baru (landbank). Posisi landbank yang dimiliki perusahaan mencapai 300 hektare (ha) per kuartal I-2018. ‎"Landbank itu akan menopang target pertumbuhan bisnis di tahun ini," jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, ‎Direktur Utama PP Properti Taufik Hidayat mengatakan perseroan ‎meraup marketing sales (pemasaran dan penjualan) sebesar Rp760 miliar di kuartal I-2018 atau setara 20 persen dari target sebesar Rp3,8 triliun di sepanjang tahun ini. Posisi marketing sales tersebut mengalami peningkatan dari Rp3,01 triliun di tahun lalu.

Dengan target marketing sales sebesar Rp3,8 triliun, membuat laba perusahaan diyakini membaik tahun ini. Perusahaan memperkirakan laba bisa mencapai Rp528 miliar dari posisi Rp444 miliar di tahun lalu.

"Hingga kuartal I ini, untuk marketing sales telah tercapai sekitar 20 persen dari target Rp3,8 triliun," ujar Taufik.

Demi mencapai target itu, perseroan akan menjalankan akselerasi penjualan dengan cara bulk selling ke beberapa institusi, serta melakukan sejumlah inovasi pada produk-produk. Dengan upaya itu, manajemen PP Properti yakin kinerja positif yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir bisa dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang.

"Apalagi, situasi perekonomian terus membaik sehingga dapat mengacu permintaan terhadap produk properti perseroan yang unik dan inovatif," ucap dia.


(AHL)