Eksis 40 Tahun, Pasar Modal Harus Bisa Lebih Mendongkrak Ekonomi RI

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 11 Aug 2017 23:11 WIB
pasar modal
Eksis 40 Tahun, Pasar Modal Harus Bisa Lebih Mendongkrak Ekonomi RI
Suasana konferensi pers HUT ke-40 pasar modal Indonesia. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar modal Indonesia telah berumur 40 tahun. Usia yang sudah terbilang matang ini membuat berbagai institusi mencoba mengerek kinerja bursa. Salah satunya adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan terus meningkatkan kinerja bursa. Sehingga ekonomi Indonesia bisa lebih terbangun.

"Diharapkan pasar modal mengambil peran yang lebih banyak dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Demi memuluskan rencana itu, OJK sudah menjalin komunikasi dengan Bank Indonesia (BI), Kementerian Koordinator Perekonomian, dan Kementerian PPN (Bappenas). Adapun pengembangan yang akan dijalankan dari hasil komunikasi empat lembaga tersebut belum bisa dijabarkan secara rinci.

"Itu jadi catatan penting buat kita. Nanti akan kita follow up strategi dalam pengembangannya," terang dia.

Yang terpenting, tambah dia, peran OJK dan Self-Regulatory Organization (SRO) sangat dibutuhkan dalam pencapaian misi peningkatan ekonomi Indonesia. Ketika itu terjadi, maka memberikan dampak yang banyak.

Hoesen mengungkapkan, OJK sendiri mempunyai beberapa program dalam mengembangkan pasar modal di masa satu tahun ke depan. Pertama, otoritas bakal mendorong dan mempercepat pemanfaatan regulasi pasar modal terkait infrastruktur secara lebih kongkret dan dalam jumlah yang signifikan.

Kedua, OJK mendorong pelaku bisnis kecil menengah untuk segera memanfaatkan langkah go public. Ketiga, OJK akan terus mendorong peningkatan pertumbuhan jumlah investor domestik secara lebih progresif, dengan mendorong lembaga jasa keuangan dan individu-individu profesional.

"Keempat, OJK akan terus melakukan analisa dan evaluasi atas efektivitas dari beberapa regulasi, kebijakan, dan praktek atau proses bisnis di pasar modal, guna meningkatkan efisiensi dan daya saing industri pasar modal nasional," pungkas dia.

 


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA