ADHI Raih Pembayaran Pengerjaan LRT Rp3,42 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 09 Mar 2018 20:44 WIB
adhi karyaproyek lrt
ADHI Raih Pembayaran Pengerjaan LRT Rp3,42 Triliun
Ilustrasi LRT. (Foto: Antara/Andika Wahyu.

Jakarta: PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) telah mendapatkan realisasi pembayaran pertama proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tahap I dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) sebesar Rp3,42 triliun.

Direktur Utama ADHI Budi Harto mengatakan dana itu ditunggu selama dua tahun. Pembayaran yang diterima merupakan hasil kerja keras ADHI dalam mengerjakan proyek LRT hingga September 2017.

"Kami bersyukur, setelah menunggu dua tahun, pembayaran dari PT KAI sebesar Rp3,42 triliun di luar pajak cair. Karena ada beberapa item dimasukkan pada proses berikutnya," kata Budi, dalam siaran persnya, Jumat, 9 Maret 2018.

Budi menuturkan perseroan sedang mengurus pembayaran berikutnya dalam pengerjaan di Oktober-Desember 2017. "Sedang kami siapkan, kalau yang kedua, mudah-mudahan tidak lama," jelas Budi.

Proyek LRT merupakan proyek pemerintah dan pembayarannya melalui PT KAI. Pembayaran dilakukan berdasarkan hasil progres pekerjaan yang telah dievaluasi dan diperiksa oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pada tahap kedua nanti, sambung dia, Adhi Karya akan mendapat pembayaran Rp2 triliun. Pembayaran itu merupakan sindikasi perbankan yang dinaungi oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

Hingga saat ini, pengerjaan proyek LRT di Jabodetabek telah mencapai 35 persen per Maret 2018. Pengerjaan itu meliputi Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.


(AHL)