IHSG Kembali Rawan Terkena Koreksi

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 10 Jan 2018 09:02 WIB
ihsg
IHSG Kembali Rawan Terkena Koreksi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan kembali tertekan pola depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang kemarin melemah tajam ke level Rp13.428 per USD. Diharapkan gerak nilai tukar rupiah bisa terus menguat di masa mendatang dan memberi efek positif terhadap IHSG.

Menurut Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, penguatan bursa saham Asia belum mampu mendorong IHSG untuk bergerak ke atas. "Bahkan kembali melemahnya rupiah turut berimbas pada pelemahan IHSG," ucap Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

Menurutnya pergerakan bursa saham Asia yang positif justru tidak sejalan dengan gerak indeks yang melemah setelah digempur aksi ambil untung yang memanfaatkan kenaikan sebelumnya. "Potensi kenaikan IHSG pun kembali terpatahkan sebelum bergerak menuju 6.400," ucap Reza.

Senada dengan Reza, Analis Oso Securities Riska Afriani memproyeksikan indeks bisa melanjutkan pelemahan. Meski pada perdagangan kembali terkoreksi cukup signifikan. "Kami memperkirakan IHSG akan bergerak melemah di kisaran 6.342-6.402," kata Riska.

Penurunan indeks, masih kata Riska, selain goyangan dari rupiah, berasal juga dari pelaku pasar yang mengantisipasi rilisnya data penjualan ritel November yang mencerminkan daya beli masyarakat, karena sepanjang tahun lalu mengalami perlambatan daya beli.

Di tengah potensi pelemahan lanjutan, Riska merekomendasikan 10 saham yang bisa dicermati pelaku pasar, yakni PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

Kemudian, cermati pula PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Multistrada Arah Sarana (MASA), PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA), PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA), PT PP (Persero) Tbk (PTPP), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR).


(ABD)