Rupiah Dibuka Menguat di Rp13.308/USD

Angga Bratadharma    •    Selasa, 21 Mar 2017 08:45 WIB
kurs rupiah
Rupiah Dibuka Menguat di Rp13.308/USD
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pagi di hari kedua di pekan ini terpantau mulai mengalami penguatan dibandingkan dengan penutupan sore di hari sebelumnya di Rp13.314 per USD. Hari ini, nilai tukar rupiah memiliki peluang untuk berbaris di jalur hijau.

Mengutip Bloomberg, Selasa 21 Maret 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka menguat di posisi Rp13.308 per USD. Day range nilai tukar rupiah di kisaran Rp13.293 per USD hingga Rp13.312 per USD dengan year to date return di minus 1,18 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.292 per USD.

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, ruang penguatan nilai tukar rupiah mulai tersedia dan akumulasi SUN berlanjut. Walaupun belum ada konfirmasi resmi dari S&P, harapan kenaikan peringkat utang ke investment grade saat ini sangat kuat sehingga meningkatkan daya tarik aset berdenominasi rupiah.


Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

"Ruang penguatan nilai tukar rupiah masih tersedia walaupun ekspektasi harga komoditas ke depan saat ini terganggu oleh koreksi dalam harga minyak," kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Di sisi lain, rencana Pemerintah Inggris untuk keluar dari Uni Eropa atau Brexit siap dimulai dan membuat USD mengalami penguatan yang tipis. Brexit yang dicanangkan akan dimulai segera mulai menekan poundsterling sehingga memberikan alasan bagi USD untuk berhenti melemah.

"Sedangkan komentar Chicago Fed President Charles Evans tentang the Fed yang akan kembali menaikkan Fed Fund Rate (FFR) target tidak berpengaruh terhadap peluang kenaikan yang saat ini merendah," pungkas Rangga.


(ABD)