BEI Hapus Kewajiban Emiten Wajib Punya Direktur Independen

Fetry Wuryasti    •    Rabu, 26 Dec 2018 15:30 WIB
emitenbei
BEI Hapus Kewajiban Emiten Wajib Punya Direktur Independen
Illustrasi. Dok: MI.

Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) baru saja mendapatkan lampu hijau terkait perubahan peraturan nomor I-A tentang pencatatan saham dan efek bersifat ekuitas selain saham yang diterbitkan oleh perusahaan tercatat.

Salah satu perubahan yang terdapat dari aturan tersebut adalah penghilangan kewajiban memiliki direktur independen bagi emiten dan perusahaan yang hendak melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Direktur BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan aturan nomo I-A sudah mendapatkan lampu hijau dari Otoritas Jasa Keungan (OJK) pada akhir pekan lalu.

Adapun beberapa latar belakang penghilangan kewajiban ini adalah secara umum aturan good corporate governance saat ini serta undang-undang perseroan terbatas sudah mencakup makna direktur independen bagi semua direktur yang menjabat.

"Jadi penyematan ini dulu dilakukan untuk mengakomodir independensi pada jajaran eksekutif. Saat ini sudah tidak dibutuhkan lagi khususnya juga bagi perusahaan yang ingin IPO sehingga lebih efisien dan hemat biaya tanpa mengurangi kualitas," ujar Nyoman saat ditemui di BEI, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.

Peraturan ini untuk menghindari kasus yang pernah terjadi yakni adanya penambahan direktur independen tanpa tugas yang jelas dan hanya disematkan sebagai syarat.

"Kemungkinan 27 Desember 2018 sudah bisa diterapkan," ujar Nyoman.


(SAW)