Suku Bunga Tinggi Pengaruhi Kemampuan Penerbit Obligasi

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 11 Dec 2018 23:45 WIB
suku bunga
Suku Bunga Tinggi Pengaruhi Kemampuan Penerbit Obligasi
Illustrasi. Dok: MI.

Jakarta: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyatakan tingkat suku bunga yang tinggi menjadi tantangan bagi penerbit surat utang (obligasi) korporasi di dalam negeri.

Presiden Direktur Pefindo Salyadi Saputra mengatakan kenaikan suku bunga berdampak pada kupon dan yield obligasi korporasi sehingga mempengaruhi kemampuan penerbit memenuhi kewajibannya.

"Tantangan yang dihadapi calon emiten obligasi adalah suku bunga tinggi, sebab mempengaruhi kupon. Kenaikan kupon juga mencerminkan kenaikan risiko pemenuhan kewajiban instrumen surat utang," kata Salyadi seperti dikutip Antara, Selasa, 11 Desember 2018.

Ia memperkirakan total nilai penerbitan obligasi di sepanjang 2018 ini hanya mencapai Rp138,1 triliun. Angka ini lebih rendah dibanding total penerbitan obligasi pada tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp155,7 triliun.

Sementara itu, hingga akhir Oktober 2018 total penerbitan surat utang mencapai Rp123,776 triliun, yang terdiri dari obligasi Rp98,05 triliun, medium term notes (MTN) Rp22,096 triliun, dan Sekuritisasi Rp3,6 triliun.

Sedangkan hingga 26 November 2018, total mandat pemeringkatan obligasi oleh Pefindo sernilai Rp14,52 triliun berasal dari 21 emiten perusahaan.


(SAW)


Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

5 hours Ago

Tiga maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya melakukan kebijakan me…

BERITA LAINNYA