Hutama Karya Terbitkan Obligasi Rp3,5 Triliun untuk Membiayai Tol Sumatera

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 07 Jul 2017 18:20 WIB
hutama karyajalan tol trans sumatera
Hutama Karya Terbitkan Obligasi Rp3,5 Triliun untuk Membiayai Tol Sumatera
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/R Rekotomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Hutama Karya (Persero) berencana menerbitkan obligasi senilai Rp3,5 triliun. Dana ini rencananya akan digunakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini untuk membiayai proyek pembangunan tol trans Sumatera.

"Rp3,5 triliun itu kita gunakan untuk modal bangun (tol) Sumatera. Sudah underwriter, kemarin baru terserap Rp2 triliun," kata Direktur Utama Hutama Karya Gusti Ngurah Putra ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 7 Juli 2017.

Dirinya menambahkan, perseroan akan fokus pada penerbitan obligasi ini, baru kemudian mencari sumber pendanaan lainnya. Meski begitu, Ngurah meyakini jika jumlah tersebut masih cukup untuk membiayai proyek yang dikerjakan Hutama Karya hingga akhir tahun.

"Mungkin kita kehendaki direct landing, jadi masih kita fokus (obligasi) Rp3,5 triliun dulu, kalau clear baru nanti kita bahas yang lain. Kalau obligasi ini cukup sampai akhir tahun masih bisa, nanti baru kita cari skim-skim yang lain, kita akan fokus dulu ke Rp3,5 triliun dulu," jelas dia.

Penerbitan obligasi ini merupakan sisa dari penawaran obligasi berkelanjutan dengan total Rp6,5 triliun. Sebelumnya Hutama Karya telah menerbitkan obligasi senilai Rp3 triliun untuk tahap pertama dan kedua.

Sementara itu, Hutama Karya mendapat penugasan dari pemerintah untuk pembangunan tol trans Sumatera. Total tol trans Suamtera terdiri dari 24 ruas, yang pada tahap awal ini delapan ruas sedang dalam proses pembangunan.

"Palembang-Indralaya tanahnya sudah selesai, tanahnya mudah-mudahan selesai. Medan-Binjai tinggal seksi ada yang sudah bebas ada yang belum, tapi detailnya banyak," pungkasnya.

 


(AHL)