Rupiah Pagi di Awal Pekan Melemah ke Rp13.349/USD

Angga Bratadharma    •    Senin, 14 Aug 2017 08:32 WIB
kurs rupiah
Rupiah Pagi di Awal Pekan Melemah ke Rp13.349/USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi di awal pekan terpantau kian melemah dibandingkan dengan perdagangan sore di akhir pekan lalu di Rp13.333 per USD. Perlu hadir sejumlah sentimen positif agar nilai tukar rupiah bisa kembali menguat dan mendukung pergerakan ekonomi.

Mengutip Bloomberg, Senin 14 Agustus 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka melemah ke Rp13.349 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.339 per USD hingga Rp13.351 per USD dengan year to date return di minus 0,83 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.121 per USD.

Di sisi lain, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di sepanjang hari ini diperkirakan mengalami pembalikan arah untuk menguat. Kondisi itu dinilai bisa terjadi setelah akhir pekan kemarin kembali berada di zona merah ke level 5.766.



Koreksi yang terjadi di akhir pekan kemarin, ‎menurut Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, terjadi karena efek negatif koreksi bursa regional. Akhirnya, indeks tertahan untuk naik ke atas level 5.800.

"Indeks, kini berpotensi mengalami rebound untuk melanjutkan kenaikan yang selama ini tertunda cukup lama," ujar Yuganur, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya m‎engatakan, indeks terlihat akan berada dalam rentang konsolidasi wajar. Sebab, pada minggu ini pendek, sehingga pergerakan tidak akan bergerak signifikan.

Indeks, lanjut William, ‎terlihat akan menguji support level 5.753 yang diprediksi masih akan kuat bertahan, dengan target resisten 5.845 yang masih akan mampu ditembus dalam beberapa hari mendatang.

"Indeks meski akan terjadi konsolidasi wajar, tapi tetap berpotensi melenggang di zona hijau," pungkas William.

 


(ABD)