BRI Berencana Akuisisi Sekuritas dan Mendirikan Modal Ventura

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 09 Aug 2017 17:20 WIB
bri
BRI Berencana Akuisisi Sekuritas dan Mendirikan Modal Ventura
Illustrasi. ANT/Wahyu Putro A.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)‎ berencana mengakuisisi perusahaan sekuritas dan mendirikan modal ventura di tahun ini. Langkah keduanya untuk mendukung fokus BRI dalam menyalurkan pembiayaan ke UMKM.

"Untuk akuisisi sekuritas, ada yang sudah due dilligence, ada yang belum. Intinya, target kami tidak satu. Sementara pendirian modal ventura untuk layani nasabah UMKM yang tidak cocok mendapat produk perbankan," kata Wakil Direktur Utama BRI Sunarso, ‎ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

BRI menginginkan porsi pembiayaan UMKM sebesar 80 persen dari portofolio pembiayaannya. Perseroan setiap tahunnya banyak memberikan pembiayaan kepada pengusaha UMKM.

Setiap tahun, bilangnya, perseroan menyiapkan dana sebanyak Rp5 triliun untuk kebutuhan anorganik. Jadi, bukan hanya untuk akusisi saja, tapi bisa digunakan untuk rencana lainnya. 

"‎Rp5 triliun itu bisa juga untuk kebutuhan modal anak usaha," jelas dia.

Selain itu, ‎BRI juga mempunyai rencana untuk melepas sebagian saham di PT Bank BRI Agroniaga Tbk (AGRO). Nantinya, setelah rencana itu berhasil, BRI hanya memiliki 76 persen saja kepemilikan saham di BRI Agro.

‎"Kami kan punya target agar BRI Agro masuk menjadi bank BUKU 3 dengan modal Rp5 triliun. Caranya, mereka nanti tawarkan saham terbatas (PUT), tapi kami juga ingin mereka memenuhi ketentuan kepemilikan publik," ucap Direktur Keuangan dan Tresuri BRI Haru Koesmahargyo.

Sampai dengan Juli 2017, BRI memiliki 86,83 persen saham AGRO, Dana ‎Pensiun Perkebunan dengan kepemilikan 6,59 persen, dan kepemilikan publik di AGRO sebesar 6,57 persen.‎ "Nanti BRI AGRO PUT lagi. Intinya kami akan jaga kepemilikan maksimal 76 persen di AGRO," pungkas ‎Haru.



(SAW)