Volatilitas Rupiah Masih Rendah

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 Sep 2017 17:39 WIB
kurs rupiah
Volatilitas Rupiah Masih Rendah
Illustrasi. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (Bi) Mirza Adityaswara mengatakan pihaknya sudah lama tak melakukan intervensi  terhadap nilai tukar Rupiah.

Mirza menjelaskan, hal tersebut dikarenakan kondisi pasar keuangan saat ini relatif stabil. Dia bilang, volatilitas pergerakan kurs mata uang Garuda sedang rendah yakni di bawah tiga persen dibanding saat gonjang-ganjing adanya rencana bank sentral AS menaikkan suku bunga pada 2013 yang membuat volatilitas Rupiah berada di level 10 persen.

"Sekarang volatility kurs rupiah di bawah tiga persen, dan BI sudah lama enggak masuk ke pasar untuk stabiisasi," kata Mirza ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 7 September 2017.

Saat ini, kata Mirza, BI memiliki tugas menjaga  supply dan demand kurs. Seperti adanya demand dari importir, atau demand dari keperluan membayar utang dengan valas.

"Tapi supply datang dari eksportir, supply datang dari capital inflows. apital inflow yang masuk ke capital market terutama ke pasar obligasi negara banyak ya. Oversubscribe. Jadi demand supply match tanpa BI harus lakukan stabilisasi," jelas Mirza.



(SAW)