IHSG Dibayangi Faktor Eksternal, Koleks Enam Saham Ini

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 05 Dec 2018 09:03 WIB
ihsg
IHSG Dibayangi Faktor Eksternal, Koleks Enam Saham Ini
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini dibayangi oleh faktor eksternal yakng akhirnya kondisi tersebut membuka peluang IHSG rawan terkoreksi. Meski ketegangan perdagangan mulai mereda, namun ada faktor lain yang memicu ketidakpastian ekonomi dan berdampak ke pasar saham Indonesia.

Fund Manager Valbury Sekuritas Indonesia Suryo Narpati mengatakan, meski perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok mereda, tetapi muncul sentimen baru yakni kekhawatiran akan resesi karena sinyalemen imbal hasil treasury AS bertenor dua tahun melebihi bertenor 10 tahun.

Selain itu, diakibatkan oleh komentar pejabat the Fed soal kenaikan suku bunga acuan yang dapat menekan pasar global. "Sentimen global ini membuka peluang koreksi bagi IHSG pada perdagangan saham hari ini," kata Suryo, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Jika terjadi pelemahan atau terkoreksi, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper menambahkan, tidak terlalu dalam. Pasalnya, kondisi nilai tukar rupiah masih dalam tren penguatan. "Pelemahan diprediksi terbatas ditopang kondisi global yang kondusif dan penguatan nilai tukar rupiah," ungkap Dennies.

Adapun Suryo memperkirakan IHSG berada di level support 6.096-6.130 dan resisten 6.164-6.199. Sedangkan Dennies memprediksi gerak IHSG berada di level support 6.106-6.129 dan resisten di 6.163-6.174.

Beberapa saham yang direkomendasikan untuk hari ini adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Perusahan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), dan PT United Tractors Tbk (UNTR).


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA