Analis: Rupiah Harus Manfaatkan Momentum Pelemahan USD

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 09 Aug 2017 10:01 WIB
kurs rupiah
Analis: Rupiah Harus Manfaatkan Momentum Pelemahan USD
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang USD yang mengalami pelemahan, seharusnya bisa direspons positif oleh pelaku pasar. Sehingga, nilai rupiah bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk kembali bergerak menguat.

‎"Pergerakan rupiah yang mencoba untuk naik tampaknya harus kembali diuji ketahanannya, seiring masih adanya potensi variatif pada rupiah. Kini, rupiah harus bisa memanfaatkan momentum pelemahan USD," ujar Analis Senior PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada‎‎ dalam riset hariannya, Rabu 9 Agustus 2017.

‎Ketika mengarah ke peningkatan, Reza memperkirakan, pergerakan uang Garuda akan berada di kisaran support Rp13.338 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.294 per USD.

"Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat menahan penguatan rupiah tersebut, dan membuat rupiah kembali melanjutkan pelemahannya," imbau Reza.

Menurut dia, adanya komentar dari Kepala The Fed St. Louis James Bullard, bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) tidak perlu untuk kembali menaikan tingkat suku bunganya dalam waktu dekat, maka hal itu direspons positif pelaku pasar saham di AS. Pada akhirnya berimbas pada sejumlah indeks saham global. "‎Hal itu pun tampaknya tidak membuat USD menguat," kata dia.

Pelaku pasar, lanjut Reza, melihat adanya ketidakyakinan The Fed untuk menaikkan kembali tingkat suku bunga, alhasil berimbas pada berbalik turunnya rupiah. "Terkesan bahwa rilis pertumbuhan GDP dan kenaikan nilai cadangan devisa baru direspon saat ini.‎ Tapi, juga akhirnya tidak bisa direspons positif oleh rupiah," pungkas dia.


(AHL)