Sokong Pembiayaan Infrastruktur

WIKA Lepas Komodo Bonds Kuartal I-2018

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Dec 2017 18:50 WIB
wijaya karya
WIKA Lepas Komodo Bonds Kuartal I-2018
Wijaya Karya. ANT/AGUNG RAJASA.

Jakarta: PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bakal melepas obligasi global berdenominasi rupiah alias Komodo Bonds pada kuartal I-2018. Emiten pelat merah ini bersiap menerbitkan Komodo Bonds senilai USD400 juta atau setara Rp5,38 triliun di London Stock Exchange.

"Kuartal I-2018 (lepas Komodo Bonds)," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Rini menuturkan dana yang diperoleh dari penerbitan Komodo Bonds tersebut untuk menyokong pembiayaan proyek infrastruktur. Sumber pendanaan lain sangat diperlukan mengingat proyek infrastruktur membutuhkan biaya yang cukup besar.

"BUMN perlu memiliki alternatif-alternatif pembiayaan mengingat kita banyak membangun infrastruktur," tutur dia.

Selain WIKA, Rini menyebut PT PLN (Persero) juga akan melepas Komodo Bonds pada kuartal yang sama.  Namun, PLN saat ini masih fokus dengan pencarian dana melalui sekuritisasi.

"PLN juga sama," imbuh dia.

Sebelumnya pada November lalu PT Jasa Marga Tbk juga menerbitkan Komodo Bonds senilai USD200 juta. Penerbitan surat utang global sejenis Komodo Bonds tersebut juga pernah dilakukan oleh India dan Tiongkok. India melakukannya dengan Masala Bonds dengan mata uang Rupee dan Tiongkok dengan Dim Sum bonds dengan mata uang Renminbi.


(SAW)