Sembilan Bulan 2017

Penjualan Holcim Indonesia Capai Rp6,8 Triliun

Arif Wicaksono    •    Selasa, 31 Oct 2017 19:50 WIB
holcim indonesia
Penjualan Holcim Indonesia Capai Rp6,8 Triliun
Ilustrasi Holcim Indonesia. (MI/Usman Iskandar).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi kelebihan pasokan semen nasional yang belum teratasi, memberikan dampak terhadap kinerja industri semen di Indonesia termasuk Holcim Indonesia. 

Dampaknya perusahaan mengalami penurunan penjualan sebesar 0,4 persen untuk periode sembilan bulan pertama tahun ini jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Penjualan mencapai Rp6,8 triliun dari periode awal tahun hingga 30 September 2017.

Penurunan penjualan berakibat kepada kenaikan rugi bersih Rp647 miliar yang dialami perusahaan. Angkanya lebih besar dari rugi bersih pada periode awal tahun hingga 30 September 2017 yang mencapai Rp160 miliar. 

Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk Gary Schutz mengatakan ada harapan kinerja membaik karena komitmen pemerintah. Setelah Lebaran, sektor konstruksi dan infrastruktur mulai mengalami peningkatan seiring dengan percepatan realisasi belanja Pemerintah untuk pembangunan jalan tol, jembatan, bendungan, dan pembangkit listrik. 

"Kami mengapresiasi langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan yang dilakukan di seluruh Indonesia. Pembangunan ini tentunya akan menciptakan peluang untuk meningkatkan perekonomian lebih lanjut dan kami (Holcim Indonesia) sangat siap untuk menjadi bagian dari solusi pembangunan tersebut, khususnya proyek-proyek besar serta pembangunan infrastruktur dan perumahan," ucap Gary Schutz dikutip dari keterangannya, Selasa 31 Oktober 2017.

Peluang pasar tidak hanya diciptakan oleh Pemerintah, namun juga sektor swasta di mana pulihnya perekonomian dapat meningkatkan daya beli masyarakat, dan kepercayaan pebisnis ke depan.

"Semester pertama tahun ini menunjukkan kondisi stagnan dan peningkatan baru terlihat pada kuartal ketiga tahun ini. Ke depan, pertumbuhan penjualan semen diharapkan akan semakin menguat seiring pembangunan yang berjalan, walaupun pasar masih akan mengalami kelebihan pasokan," kata dia.

Dia menegaskan bahwa Holcim Indonesia berupaya untuk menjangkau kebutuhan serta lebih mendekatkan diri kepada pelanggan dengan mengoptimalkan fasilitas online dan jejaring sosial untuk memasarkan solusi inovatifnya.

Pada Mei 2017, Holcim Indonesia menggandeng CIMB Niaga untuk memfasilitasi pembayaran transaksi pembelian produk dan solusi Holcim melalui aplikasi penjualan daring Solusi RumahKu untuk pengguna Android. Saat ini layanan aplikasi Solusi RumahKu baru tersedia bagi pelanggan di wilayah Jabodetabek dan secara bertahap akan dikembangkan untuk mencakup seluruh wilayah Indonesia.


(SAW)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA