OJK Nilai Fluktuasi IHSG Masih Wajar

   •    Jumat, 07 Sep 2018 08:16 WIB
ihsgojkbeipasar modal
OJK Nilai Fluktuasi IHSG Masih Wajar
Ilustrasi OJK (MI/RAMDANI)

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang cenderung menurun dalam beberapa hari terakhir masih dalam kondisi wajar. Adapun OJK memiliki protokol krisis yang akan dijalankan jika indikator pasar dinilai telah mengalami krisis.

"Protokol krisis belum akan dijalankan. Kita punya perhatian terhadap kondisi pasar. Fundamental kita masih baik dan emiten kita masih mencatatkan pertumbuhan laba dan price earning ratio rendah," ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Jumat, 7 September 2018.

Pada 2015 lalu, OJK pernah menerbitkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 22/SEOJK.04/2015 tentang Kondisi Lain sebagai Kondisi Pasar Yang Berfluktuasi Secara Signifikan dalam Pelaksanaan Pembelian Kembali Saham Yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik.  

Dalam Surat Edaran OJK itu, emiten atau perusahaan publik diperbolehkan melakukan pembelian kembali saham tanpa perlu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sementara itu, Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono Widodo mengatakan, sentimen negatif eksternal mengakibatkan nilai tukar rupiah mengalami tekanan dan berdampak pada pergerakan IHSG.

Namun, ia optimistis, pergerakan IHSG akan kembali membaik seiring telah dikeluarkannya sejumlah kebijakan oleh pemerintah seperti pengendalian impor dalam rangka menjaga pergerakan rupiah.

 


(ABD)