IHSG Berpotensi Datar Jelang Libur Lebaran

Angga Bratadharma    •    Jumat, 08 Jun 2018 09:00 WIB
ihsg
IHSG Berpotensi Datar Jelang Libur Lebaran
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta: Bursa Dow Jones ditutup menguat dipimpin oleh saham McDonald's yang menguat empat persen, sementara Nasdaq melemah di empat hari terakhir akibat aksi jual di saham Facebook dan beberapa saham berbasis teknologi lainnya. S&P dan Nasdaq sempat menguat di awal perdagangan usai berakhirnya sanksi Amerika terhadap perusahaan Tiongkok, ZTE.

Namun, Samuel Research Team mengungkapkan, S&P dan Nasdaq kemudian melemah setelah saham Boeing turun sebanyak 1,4 persen dipicu oleh kekhawatiran perang dagang antara kedua negara. Secara umum, pasar masih optimistis ekonomi AS akan berkembang yang artinya memiliki efek positif terhadap pergerakan saham.

"Dari data ekonomi, data klaim pengangguran tercatat sebesar 222 ribu atau sejalan dengan estimasi konsensus," sebut Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 8 Juni 2018.

Dari komoditas, harga minyak tercatat menguat ke USD 77,4 per barel usai berita penurunan ekspor minyak Venezuela dan kemungkinan OPEC tidak akan menaikkan tingkat produksinya di pertemuan bulan depan. Selain itu, harga bensin AS juga terdongkrak akibat laporan kebakaran di Citgo Petroleum’s Corpus Christi.

"Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini kami perkirakan datar menjelang libur panjang Lebaran. Saat ini, pasar sedang menanti dirilisnya data cadangan devisa Mei yang diperkirakan akan turun. Konsumsi rumah tangga kuartal II-2018 diperkirakan mencapai 5,1–5,2 persen. Rupiah ditutup menguat sementara EIDO melemah," sebut Samuel Research Team.

Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average naik 95,02 poin atau 0,38 persen, menjadi ditutup di 25.241,41 poin. Sementara itu, indeks S&P 500 turun 1,98 poin atau 0,07 persen menjadi berakhir di 2.770,37 poin, dan Indeks Komposit Nasdaq ditutup berkurang 54,17 poin atau 0,70 persen menjadi 7.635,07 poin.

Kenaikan moderat indeks Dow Jones terutama didukung oleh kenaikan saham McDonald's. Saham McDonald's melonjak sebanyak 4,37 persen pada akhir perdagangan. Tidak ditampik, investor berharap sejumlah saham bisa terus menguat dalam rangka memaksimalkan imbal hasil.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA