JFX Bidik Investor Asal Kamboja

Eko Nordiansyah    •    Senin, 15 May 2017 16:45 WIB
bursa berjangka jakarta
JFX Bidik Investor Asal Kamboja
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Jakarta Futures Exchange (JFX) mengincar investor asal Kamboja melalui kerja sama dengan Phnom Penh Derivative Exchange (PPDE). Kerja sama ini akan menjembatani investor di kedua negara untuk melakukan transaksi yang dikontrakkan pada kedua perusahaan tersebut.

"Saat ini yang bisa kita gunakan adalah investor yang ada di Kamboja menggunakan broker dari PPDE akan bisa melakukan transaksi di kontrak yang ada di JFX melalui member JFX," kata Direktur Utama JFX, Stephanus Paulus Lumintang, di Gedung The City Tower, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 15 Mei 2017.

Dirinya menambahkan, tidak menutup kemungkinan juga bahwa investor Indonesia bisa membeli di PPDE. Artinya semua kontrak yang ada di PPDE bisa ditawarkan kepada investor di Indonesia, kalaupun tidak ada di perusahaan itu maka JFX maupun PPDE bisa menjadi penyambung investor.

Adapun beberapa komoditas yang menjadi unggulan di JFX adalah olein, kopi, kakao, serta emas. Sementara di PPDE beberapa komoditas unggulan yang bisa ditawarkan kepada investor adalah minyak, emas, perak, serta gula.

Meski begitu, Stephanus belum bisa merinci berapa target yang ditetapkan dari kerja sama antara JFX dengan PPDE. Menurut dia kedua belah pihak akan lebih lanjut membicarakan teknis kerja sama dari Penandatanganan Perjanjian Kerja sama (MoU) yang baru ditandatangani.

"Untuk saat ini kita belum bisa (rinci taretnya). Kita akan duduk bareng untuk teknisnya, karena di PPDE juga harus ada izin dari Security and Exchange Commision of Cambodia (SECC) sedangkan JFX harus ada izin dari Bappebti Kementerian Perdagangan," jelas dia.


(SAW)