Rupiah akan Bergerak di Rp13.279-Rp13.313/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 17 May 2017 09:50 WIB
kurs rupiah
Rupiah akan Bergerak di Rp13.279-Rp13.313/USD
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD) masih berpeluang menguat sepanjang hari ini. Hal itu seiring masih adanya sentimen negatif yang membayangi USD.

"Sentimen negatif itu, khususnya‎ kekhawatiran langkah Presiden AS Donald Trump yang mengungkapkan informasi rahasia kepada Menlu Rusia mengenai operasi militer terhadap negara-negara Muslim," kata Analis Senior dari Binaartha Sekuritas Reza Priyambada‎ dalam riset hariannya, Rabu 17 Mei 2017.

Mengamati keadaan itu, Reza mengaku rupiah akan bergerak di zona hijau. Pada hari ini, rupiah diprediksi akan bergerak di kisaran support Rp13.313 per USD, sedangkan posisi resisten berada di Rp13.279 per USD.

Sepanjang perdagangan kemarin, menurut Reza, mata uang Garuda terbantukan oleh pergerakan nilai euro. Penguatan euro dikarenakan pasca prosesi pengukuhan Emmanuel Macron sebagai Presiden Prancis.

"Tak lupa, mata kenaikan uang benua biru juga didukung oleh perbaikan rilis data-data ekonomi, seperti perbaikan inflasi dan harga ritel di Inggris serta kenaikan neraca perdagangan di Eropa," kata Reza.

Bukan hanya itu, Reza menyebutkan, kenaikan rupiah juga dipengaruhi oleh pelaku pasar yang terlihat banyak mentransaksikan sejumlah mata uang Asia. Meski juga diliputi kekhawatiran sesaat pasca uji coba rudal Korea Utara ke laut Jepang.

Sentimen dari dalam negeri, lanjut Reza, proyeksi Bank Indonesia (BI) terkait potensi penurunan tingkat kredit bermasalah (NPL) perbankan turut membantu menjaga Rupiah di zona hijau.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA