Perdagangan Terganggu, BEI: Bukan karena Virus

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 10 Jul 2017 15:52 WIB
ihsgbei
Perdagangan Terganggu, BEI: Bukan karena Virus
lustrasi. ANT/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan sitem perdagangan bursa yang terggangu tadi pagi bukan karena terkena virus, melainkan ada data datafeed yang masuk dengan format berbeda.

"Yang pasti sudah dibuktikan oleh Pak Sulis (Direktur IT BEI) dan timnya ini bukan serangan virus, tapi data feed yang formatnya ada yang masuk berbeda," ujar Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

Detail permasalahan, kata Tito, akan didapat pada sore ini. Sebab, bursa bisa mendapatkan fakta yang ada setelah melihat sistem itu sendiri. 

"JATS kita tidak ada problem, tapi hanya data feed yang kita curigai formatnya tidak sesuai. karenanya data feed news tidak ada, semua jalan dengan baik," jelas Tito.


Dengan terganggunya datafeed, Tito menekankan, publik tidak mengetahui informasi perdagangan dari bursa. Namun, sebenarnya perdagangan di bursa berjalan normal seperti pada hari biasa.

"Itu semua ke Bloomberg, RTI, semuanya. Publik jadi tidak dapat informasi, sebenarnya perdagangan jalan-jalan saja sistemnya, tidak ada problem," tegas Tito.

Setelah ada kejadian ini, Tito meyakinkan, bahwa ke depannya tidak akan ada kendala seperti ini. 

"Insya Allah aman," tutup Tito.


(SAW)